Gejala ISPA yang Sering Diabaikan dan Dampaknya

Gejala ISPA yang Sering Diabaikan dan Dampaknya

Gejala ISPA pada dasarnya akan muncul ketika seseorang terinfeksi oleh beberapa jenis virus tertentu. Virus yang menjadi pemicu munculnya ISPA, yaitu Rhinovirus, Parainfluenza, Adenovirus, Enterovirus, Bocavirus, Human Metapneumovirus, RSV, Coronavirus, dan Influenza.

Ketika seseorang terjangkit jenis virus tersebut, maka risiko terkena penyakit ISPA akan sangat tinggi. Namun kebanyakan seseorang belum menyadari gejala apa yang ditimbulkan dari penyakit ini. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai gejala penyakit ISPA yang harus diwaspadai.

Gejala Penyakit ISPA


Gejala ISPA yang Sering Diabaikan dan Dampaknya

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) tentu memiliki gejala yang menjadi tahap awal seseorang terkena penyakit ini. Infeksi yang terjadi ini bisa berupa infeksi dari saluran pernapasan atas maupun bawah.

Infeksi pernapasan akut pada dewasa maupun anak-anak harus diwaspadai dengan mengenali berbagai gejalanya. Adapun gejala munculnya penyakit ISPA, antara lain:

1. Batuk


Gejala penyakit ISPA yang pertama adalah batuk. Batuk yang dimaksudkan ini yaitu batuk kering maupun batuk berdahak. Berbeda dengan batuk normal, batuk yang menandai gejala ini yaitu pengidapnya akan mengalami batuk secara terus menerus.

2. Demam


Gejala ISPA pada anak-anak yang mudah untuk ditandai adalah demam. Ketika tubuh sedang terinfeksi virus, maka demam menjadi salah satu respon alami tubuh yang menjadi pertanda akan munculnya suatu penyakit.

Untuk gejala penyakit ISPA, suhu tubuh yang naik secara drastis di atas angka normal menjadi pertanda seseorang terjangkit salah satu virus penyebab ISPA.

3. Sulit Bernapas


Gejala selanjutnya yang menjadi pertanda munculnya ISPA adalah seseorang akan mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas. Kesulitan bernapas yang dialami ini menjadi gejala yang cukup serius dan harus segera diatasi.

Sebab, ketika seseorang sudah sampai pada tahap gejala ini, kemungkinan besar infeksi virus sudah mulai menyebar ke paru-paru. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kondisi ini harus segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Masalah Pencernaan


Gejala penyakit ISPA yang harus segera ditangani adalah ketika pengidapnya sudah mulai mengalami masalah pencernaan. Sebagian besar pengidap ISPA ini memiliki masalah pada pencernaan, seperti mual, muntah, atau bahkan diare.

Umumnya masalah pencernaan yang terjadi ini disebabkan karena peradangan tubuh akibat virus yang menjadi penyebab ISPA. Oleh sebab itu, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan medis atau pengobatan ISPA alami.

5. Sakit Kepala


Gejala selanjutnya yang cukup umum terjadi pada pengidap ISPA adalah sakit kepala. Sakit kepala ini bisa muncul akibat ketegangan otot dan efek demam. Selain itu, gejala ISPA juga akan menjadikan pengidapnya mengalami nyeri pada otot dan nyeri pada tulang sendi.

6. Hidung Tersumbat & Sakit Tenggorokan


Tanda-tanda awal ISPA yang juga banyak terjadi adalah hidung tersumbat dan rasa nyeri pada tenggorokan. Hidung tersumbat yang dialami ini disebabkan karena pembengkakan atau lendir yang menyumbat saluran hidung.

Sedangkan, sakit tenggorokan disebabkan karena respon tubuh terhadap masuknya virus yang mungkin terhirup oleh si pengidapnya. Akibatnya, seseorang akan mengalami kesulitan menelan dan rasa tidak nyaman saat berbicara.

Dampak Penyakit ISPA


ISPA umumnya akan menimbulkan peradangan di area saluran pernapasan. Kondisi ini akan memburuk jika tidak segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Jika tidak segera diobati, ISPA akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Adapun beberapa dampak negatif yang ditimbulkan penyakit ISPA jika tidak segera diatasi, diantaranya:

  • Gagal Jantung Kongestif
  • Bronkitis Kronis
  • Abses/nanah pada paru-paru
  • Empiema/penumpukan nanah pada selaput paru-paru
  • Emfisema/rusaknya kantong udara pada paru-paru
  • Peningkatan karbondioksida dalam darah, dll

ISPA yang tidak segera ditangani, maka akan berisiko menyebabkan kondisi yang lebih parah dan bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, sebaiknya jika muncul beberapa gejala yang sudah dijelaskan di atas, maka bisa langsung memeriksakannya ke dokter.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari virus yang menyebar ke paru-paru. Selain itu, dengan pemeriksaan lebih dini juga akan meminimalisir terjadinya keparahan kondisi ISPA yang terdiagnosis.

Mengingat ISPA bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, dewasa, maupun lanjut usia, tentu harus diwaspadai terkait gejalanya. Jadi, pastikan Anda mengenai berbagai gejala ISPA dan langkah awal penanganannya.