Peran Podiatri dalam Menangani Cedera Olahraga pada Kaki

Peran Podiatri dalam Menangani Cedera Olahraga pada Kaki

Podiatri merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang menangani masalah cedera pada kaki, termasuk karena berolahraga. Dokter spesialis podiatri disebut pediatrik.

Louisiana Podiatric Medical Association merupakan organisasi persatuan dokter pediatri di Louisiana, salah satu negara bagian Amerika yang mempunyai perhatian pada perkembangan podiatri.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar organisasi ini di lpma.info


Peran Podiatri dalam Menangani Cedera Olahraga pada Kaki

Peran Podiatri


Untuk mendapatkan sertifikasi podiatri dokter yang baru lulus perlu melakukan residensi selama 3 sampai 4 tahun.

Residen podiatri dilakukan di rumah sakit atau klinik. Setelah residensi harus melanjutkan pendidikan spesialis pediatri.

Ada dua peran podiatri selama seseorang melakukan olahraga agar tidak mengalami cedera:

Pencegahan


Cedera kaki olahraga dapat dicegah dengan beberapa cara sesuai saran dokter spesialis.

Sebelumnya dokter akan melakukan pemeriksaan berkaitan dengan kondisi kaki atlet tersebut. Pencegahan yang biasanya dilakukan:

  • Evaluasi biomekanik: yaitu evaluasi terhadap pola jalan, lari dan gerakan yang dilakukan untuk identifikasi kemungkinan ada masalah sehingga bisa dicegah.
  • Pemilihan alas kaki: alas kaki sangat penting dalam mencegah kecelakaan selama olahraga. Jenis yang direkomendasikan sesuai bentuk kaki dan olahraga yang dilakukan.
  • Pelatihan dan peregangan: beberapa gerakan ringan dapat mengurangi resiko cedera. Dokter pediatri akan merekomendasikan gerakan yang paling sesuai.
  • Orthotic devices: jika berdasarkan hasil pemeriksaan atlet mengalami masalah biomekanik, dokter akan merekomendasikan alat bantu ortotik agar tidak terjadi cedera.

Penanganan cedera


Meski sudah melakukan pencegahan namun kecelakaan selama berolahraga masih mungkin terjadi. Dokter pediatri akan mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Salah satu tugas dokter pediatri adalah sebagai spesialis bedah pergelangan kaki yang akan segera mengambil tindakan jika diperlukan

Penanganan cedera dilakukan dengan cara:

  • Diagnosis dan penanganan: teknik diagnostic yang dilakukan diantaranya dengan pemeriksaan fisik, X-ray, dan MIRI.
  • Terapi fisik: terapi fisik dilakukan untuk membantu pemulihan fungsi kaki dan mengurangi rasa nyeri karena cedera.
  • Bedah: Podiatri bedah dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada bagian tulang, tendon, ligament dan beberapa bagian lainnya.
  • Rehabilitasi: program rehabilitasi dirancang dengan tujuan untuk mengembalikan kekuatan, fleksibilitas dan fungsi kaki agar normal kembali.

Louisiana Podiatric Medical Association yang ada di Louisiana, Amerika secara rutin mengadakan pertemuan untuk membahas perkembangan podiatri.

Untuk bisa mendapatkan update tentang podiatri, Anda bisa mengunjungi lpma.info atau berbagai sumber lainnya.